HUT KE-30 SMP NEGERI 3 KOTA PROBOLINGGO GELAR FESTIVAL BAND


Dunia pendidikan saat ini ditantang untuk tidak hanya mengembangkan kemampuan akademis (hardskill) semata melainkan juga keterampilan (soft skill) anak-anak didiknya. (meminjam istilah “hard skill” dan “soft skill” milik Wawan Kuswandoro, Ketua Dewan Pendidikan Kota Probolinggo.)

Rupanya hal itulah yang sudah mulai diterapkan oleh SMP Negeri 3 Kota Probolinggo sejak 7 tahun yang lalu. Sejak tahun 2005, sekolah yang tereletak di Jalan Hayam Wuruk 155 ini sudah sadar untuk menerapkan pentingnya soft skill bagi perkembangan anak didiknya dengan senantiasa menggelar festival band pelajar di setiap perayaan hari ulang tahunnya.

Minggu kemarin (16/1), sekolah yang sudah dikenal dengan icon festival band ini kembali menggelar Festival Band Pelajar 2011 tingkat SD/MI dan SMP/MTs se-Kota/Kabupaten Probolinggo dalam rangka memperingati HUT SMP Negeri 3 yang Ke-30.

“Tujuannya kali ini adalah lebih memperkenalkan SMP Negeri 3 di wilayah timur Kota Probolinggo. Selain itu adalah untuk mempererat persaudaraan, komunikasi dan sportivitas antar sekolah serta memperkenalkan salah satu kegiatan ekstrakokulikuler yang ada.” Ujar Dra. Evi Muhayadah, Ketua Panitia Peringatan HUT SMP Negeri 3 Probolinggo yang Ke-30.

Acara yang diikuti oleh 7 peserta tingkat sekolah dasar dan 14 peserta dari sekolah menengah pertama ini berlangsung meriah. Rangkaian acara ulang tahun ini sebenarnya sudah dimulai dari Sabtu kemarin (15/1) dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Imam Suwoko, M.Si. dengan berbagai kegiatan, di antaranya: Lomba Baca Puisi dan Storry Telling juga pemberian bantuan terhadap 24 siswa SMP Negeri 3 yang yatim piatu dan kurang mampu.

Saat ditemui Suara Kota di ruang kerjanya, Drs. Nur Kholis, MM., Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Probolinggo membenarkan akan hal itu. Nur Kholis pun berharap semoga kegiatan tersebut membawa manfaat bagi semua siswa, khususnya bagi pengembangan attitude, bakat, kreativitas bagi para peserta didik.

Dalam kesempatan tersebut, penampilan dancer yang disuguhkan dari tuan rumah memukau undangan dan penonton yang hadir, terutama saat penari putra turun ke bawah panggung . Kehebohan itu kembali dilanjutkan oleh penampilan para alumnus SPEGA (sebutan SMP Negeri 3 Probolinggo, red.) yang tergabung dalam Jewelry on My Ring. Lewat lagunya yang berjudul “Peri Palsu”, J on R menggerakkan seluruh penonton yang sebagian besar adalah para pelajar itu untuk mendekat ke arah panggung.

Dalam festival tersebut, tampil sebagai pemenang tingkat SD adalah Made Band dari SDK “Mater Dei” Kota Probolinggo dan untuk tingkat SMP adalah dari SMP Negeri 1 Kota Probolinggo. (stebby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: