MENJELANG IDUL ADHA 1431 H, WAWALI SIDAK HEWAN KORBAN


Menjelang hari raya Idul Adha 1431H, Pemerintah Kota Probolinggo, Jum’at kemarin (12/11) menggelar Inspeksi Mendadak Ketersediaan Hewan Qurban serta Pemantauan Kesehatan dan Kelayakan Hewan Qurban. Inspeksi mendadak (sidak) ketersediaan hewan qurban yang ada di Kota Probolinggo tersebut digelar di 2 tempat, yakni: Yayasan “Hidayatullah” (yang terletak di jalan Gubernur Suryo) dan di Kampung Arab (jalan Suyoso) dan dikhususkan untuk hewan qurban jenis kambing.

IMGP5959

Wawaly Bandyk Soetrisno sedang memeriksa "poel" pada kambing qurban

 

Tim Sidak yang dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Probolinggo, Drs. H. Bandyk Soetrisno, M.Si., yang diikuti oleh Asisten Perekonomian, anggota Komisi B DPRD Kota Probolinggo, Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan bertujuan memberikan jaminan pada masyarakat bahwa hewan qurban yang dijual oleh masyarakat di Kota Probolinggo ini berada dalam jumlah yang cukup serta pada kondisi yang sehat, layak dan sah untuk disembelih sebagai hewan qurban, menurut hukum Islam.

“Tadi kami baru dari Hidayatullah. Dan sekarang kemari. Tujuannya sama, untuk memastikan bahwa hewan qurban yang dijual oleh para pedagang ini dalam kondisi yang sehat dan baik.” Ujar Wawali Bandyk saat ditemui tim Suara Kota di tempat penjualan hewan qurban yang ada Jalan Suyoso.

IMGP5946

salah satu hewan kurban sedang menikmati makan siangnya...

Dalam kesempatan tersebut, Wawali yang didampingi oleh Kepala Seksi Kesehatan Hewan dari Dinas Kesehatan Kota Probolinggo, Retno Wandasari , S.PT. M.P., melakukan pemeriksaan ante mortem yang meliputi kesehatan secara fisik, yaitu: mata, lymphoglandula, suhu tubuh dan kulit; kesehatan secara umum, misalnya: tidak diare dan tidak hipersalivasi; juga melakukan pemeriksaan kelayakan persyaratan hewan qurban, meliputi: tidak adanya cacat fisik serta umur hewan.

Pada domba atau kambing, syarat umur yang ditentukan sebagai hewan kurban adalah hewan tersebut berumur sekurang-kurangnya 1 tahun dan ditandai dengan poel atau pergantian gigi susu menjadi gigi seri. sedang untuk sapi, sekurang-kurangnya sapi tersebut berumur 2 tahun dan juga ditandai dengan adanya poel.

Dari pantauan tim di lapangan, secara umum ketersediaan dan kondisi hewan qurban cukup baik, namun tim hanya menemukan 2 kasus, yang terjadi pada sidak sebelumnya yaitu adanya kambing yang dijual dibawah usia 1 tahun.

“Secara umum ketersediaan dan kondisi hewan qurban yang dijual oleh masyarakat di Kota Probolinggo terbilang baik, namun tadi kami menemukan ada 2 kambing yang usianya masih di bawah 1 tahun, belum baliq, dan itu berarti tidak sah kalau digunakan sebagai hewan kurban.” Terang Wawali Bandyk Soetrisno.

Lebih lanjut Wawali juga menjelaskan bahwa dengan adanya temuan tersebut, timnya tidak memberlakukan sangsi khusus atau sangsi hukum bagi pedagang yang kedapatan melanggar, namun sebatas memberikan nasehat dan meminta secara tegas kepada pedagang tersebut untuk menyisihkan hewan tersebut dari hewan dagangannya agar tidak sampai terjual kepada masyarakat.

Total, di Kota Probolinggo ada 27 pedagang yang tersebat di beberapa tempat seperti di jalan Suyoso, jalan Hayam Wuruk, jalan Gubernur Suryo dan tempat-tempat lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wawali berpesan kepada masyakarat agar memperhatikan dahulu kondisi fisik dan juga usia hewan qurban yang tentunya ditandai dengan poel sebalum memutuskan untuk membelinya.

IMGP5948

mejeng dulu bersama Sang Raja

Ali Umar, salah seorang pedagang hewan qurban yang setiap tahunnya berjualan di jalan Suyoso menjelaskan bahwa trend kebutuhan hewan qurban di Kota Probolinggo setiap tahunnya cenderung meningkat. Pedagang yang memulai usahanya sejak tahun 1983 ini mematok harga antara Rp 500 ribu – Rp. 1.600 ribu untuk kambing per ekornya, dan selalu habis menjelang Idul Adha. (stebby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: