JALAN SEHAT DI PERINGATAN HARI JALAN KAKI SEDUNIA


 

Jalan kaki termasuk jenis olah raga yang tergolong murah namun memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Diantaranya adalah mengurangi risiko terjadinya serangan jantung dan meningkatkan fungsi sistem pernafasan. Maka, dalam rangka memperingati HUT Kota Probolinggo Ke-651, HUT Provinsi Jatim Ke-65, Hari Jalan Kaki Sedunia, Hari TNI Ke-65, dan Hari Olah Raga Nasional Ke-27, Pemerintah Kota Probolinggo melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (DISPOBPAR) bersama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) DPD Kota Probolinggo mengadakan kegiatan Jalan Sehat Bersama pada hari Sabtu, 9 Oktober 2010.

Kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh kurang lebih 5000 peserta dari berbagai unsur dan elemen masyarakat ini berlangsung tidak seperti yang direncanakan sebelumnya. Kegiatan jalan sehat yang dibuka oleh Walikota Probolinggo, HM. Buchori, SH. M.Si. pada pukul 05.50 WIB, mengambil garis start dan finish di Jalan Ahmad Yani (sebelah selatan Loon-Aloon Kota Probolinggo). Padahal seperti yang diagendakan sehari sebelumnya, kegiatan jalan sehat tersebut akan mengambil start dan finish di depan Stasiun Kota Probolinggo (sebelah utara Loon-Aloon Kota Probolinggo), namun dikarenakan di lokasi tersebut telah didirikan tenda-tenda tempat berlangsungnya kegiatan Probolinggo dalam Expo (PRODEX) yang digelar oleh Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Probolinggo, maka titik start dan finish terpaksa diubah.

Sebelum membuka acara, Walikota Probolinggo juga melakukan sambutan dan pelepasan burung berkicau. Dalam sambutannya Walikota berpesan agar menjadikan olahraga jalan kaki sebagai hobi karena menyehatkan.

Meski suasana pagi itu masih diliputi oleh mendung tebal yang bergelanyut bekas derasnya guyuran hujan yang mengguyur Kota Probolinggo dari semalam, namun hal tersebut tidak menyurutkan antusiasme dari para peserta jalan sehat. Muspida, para Pimpinan Satker, anggota TNI dan Polri, juga pelajar SMA-SMP se Kota Probolinggo nampak tumpah ruah untuk ambil bagian dalam kegiatan Jalan Sehat Bersama yang juga sekaligus mendukung gerakan Hari Jalan Kaki Sedunia.

Hari Jalan Kaki Sedunia awalnya dilakukan oleh TAFISA (The Association for International Sport All) di Jerman, pada tahun 1991 lampau. Sedangkan Indonesia baru memulainya tahun ini. Di Indonesia sendiri, kegiatan peringatan Hari Jalan Kaki Sedunia dimotori oleh Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI).

Rute jalan kaki kali ini menempuh jarak ± 6 km. Melalui TWSL, Jalur Lingkar Utara Kota Probolinggo, Pelabuhan Tanjung Tembaga dan kembali finish di titik start, yaitu di Loon-Aloon Kota Probolinggo.

Sekitar pukul 07.00 WIB para peserta pun mulai tampak terlihat di garis finish. Dalam kegiatan tersebut, para peserta tidak hanya dihibur oleh lantunan musik yang disediakan oleh panitia tetapi juga oleh berbagai hadiah hiburan, mulai dari sepeda motor, kulkas, TV 21” sampai t-shirt dan aneka souvenir cantik. (stebby)

Advertisements

2 Responses to “JALAN SEHAT DI PERINGATAN HARI JALAN KAKI SEDUNIA”

  1. I was curious if you ever considered changing the page layout off your blog?
    Its very well written; I love wuat youve got to say.
    But maybe youu could a little more in the way off content
    so people could connewct with it better. Youve got an awful lot
    of text for only having 1 or two images. Maybe you could
    space iit out better?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: