“Tabunganku”, Terobosan BI dan Perbankan Nasional bagi masyarakat miskin.


Di radio hari ini ada talk show yang menghadirkan narasumber dari salah satu bank swasta nasional yang senantiasa menjadi sponsorship dalam acara SK News kami. Selesai acara aku sedikit berbincang dengan Mas Wawan (pihak bank yang kami undang) tentang permasalahan awam yang ada di masyarakat soal menabung.

Seperti yang saya sempat sebutkan pada blog saya terdahulu “Ayo ke BANK”, permasalahan umum yang membuat masyarakat awam, termasuk saya, menjadi malas menabung di bank adalah adanya biaya administrasi yang sedemikian besar yang dibebankan kepada nasabah.

ternyata pemerintah, melalui Bank Indonesia, sudah memikirkannya…

Bank Indonesia

wah, saya ketinggalan info nih.

Gerakan Indonesia Menabung, merupakan suatu terobosan baru yang dilakukan oleh Bank Indonesia bekerja sama dengan Perbankan Nasional. Gerakan ini akan mengajak kembali budaya menabung di kalangan masyarakat Indonesia. Gerakan ini juga meluncurkan suatu produk terbaru perbankan nasional yakni “Tabunganku”, yang dilaunching di Hall D Jakarta International Expo, Jakarta, Sabtu 20 Februari 2010 lalu, oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Program ini diikuti oleh 70 perbankan nasional dan lebih dari 910 Bank Perkreditan Rakyat. Selain mengajak dan membudayakan kembali menabung, di masyarakat BI dan Perbankan nasional ini, juga sekaligus mengajak masyarakat agar mengurangi budaya konsumtif yang kurang berkontribusi positif atas peningkatan produktivitas nasional.

Menurut data survey Perbankan saat ini, setidaknya ada sekitar 40 hingga 50 juta orang, yang belum atau enggan menabung, dikarenakan beberapa factor, diantaranya keluhan masyarakat, berkurangnya dana simpanan mereka setiap bulannya saat menabung di bank-bank umum, demikian diungkap pjs Gubernur BI, Darmin Nasution, ini (15/02/10), saat konfrensi pers Gerakan Indonesia Menabung, di Gedung BI, Thamrin Jakarta.

Adanya kecenderungan peningkatan sturktur demografis usia produktif 15-64 tahun, data Survei Penduduk atar Sensus (SUPAS) BPS tahun 2005, merupakan faktor penting yang dapat meningkatkan saving rate Indonesia ke depan.

Ia menambahkan, memang saat ini, dana yang berada di bawah minimal 2 juta rupiah, akan berkurang jumlahnya secara otomatis setiap bulannya, akibat sistem administrasi perbankan yang ada. Dan untuk mengcover dan menjawab tuntutan dan kebutuhan masyarakat tersebutlah, program “Tabunganku” tersebut dibuat, guna menumbuhkan budaya menabung di kalangan masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ungkap Darmin.

Dengan dana setoran awal minimal nominal Rp. 20.000, di bank umum dan Rp. 10.000 di BPR/S, masyarakat telah dapat memiliki rekening baru tanpa khawatir uang yang disimpan akan berkurang, seperti yang terjadi selama ini di bank-bank umumnya. Hanya saja bunga bank untuk program ini relative kecil dibandingkan dengan bunga bank pada umumnya, ujar Darmin.

Bank umum peserta produk “Tabunganku”, ini terdiri dari 70 bank umum dan BPD (konvensional dan syariah), serta 910 BPR dan BPR Syariah. Tabunganku, adalah tabungan untuk perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan yan diterbitkan bersama-sama oleh bank-bank di Indonesia.

Sementara pihak perbankan yang hadir seperti BRI, CIMB Niaga, BNI, dan BCA menanggapi positif dan mendukung sepenuhnya atas program Tabunganku tersebut.

namun, tentunya program yang sudah dirancang sebagus ini oleh BI selaku pemegang otonomi kebijakan keuangan dan viskal, tak jualah lepas dari permasalahan yang ada:

Diantaranya, program “Tabungaku” bisa mengakibatkan berkurangnya pendapatan perbankan sementara biaya opersionalnya bertambah. Di dunia bisnis seperti Perbankan, tentunya hal seperti itu pasti dihindari dan wajar tidak menjadi prioritas bagi Perbankan seperti yang dilansir oleh medanpunya.com. Atau seperti yang diberitakan oleh starberita.com, masyarakat menganggap bahwa produk “Tabunganku” tersebut hanyalah upaya lips service pemerintah saja karena dalam kenyataannya ternyata tidak seluruh cabang bank yang menerima nasabah untuk mengikuti program “Tabunganku” tersebut.

link referensi dapat juga diakses disini:
http://www.forum-ngo.com/tabunganku-terobosan-bi-dan-perbankan-nasional/comment-page-1/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: