SEKILAS tentang PAGUYUBAN KANG dan YUK KOTA PROBOLINGGO


Oleh: Stebby Julionatan

Sama seperti umumnya paguyuban yang tumbuh dari kesamaan visi para anggotanya, Paguyuban Kang dan Yuk Probolinggo sendiri awalnya juga lahir dari kesamaan keinginan… kesamaan semangat… kesamaan tujuan dari para pemuda pemudi hasil penyaringan sebuah ajang pemilihan duta wisata, yaitu Pemilihan Kang dan Yuk Kota Probolinggo, untuk dapat turut berperan serta aktif dalam membantu Pemerintah Kota Probolinggo dalam mengembangkan sektor pariwisatanya.

Di tahun 2004, setelah proses Pemilihan Duta Wisata Kang dan Yuk Kota Probolinggo yang pertama, lahirlah Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo 2004/2005 yang dibidani oleh Ibu Chairul Umah, S.Pd (yang saat itu menjabat sebagai Sie Pemuda di Dinas P & K Kota Probolinggo) sebagai Pendamping Paguyuban dan Ibu Nanik Kastip, SH sebagai Pembina Paguyuban. Sebagai Ketua Paguyuban, saat itu Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo diketuai sendiri oleh Kang Kota Probolinggo 2004, yaitu Kang Dimas Sugeng Widodo.

Di tahun 2005, sebagai wujud keperdulian masyarakat Kota Probolinggo akan banyaknya bencana alam yang terjadi di sepanjang tahun 2004, utamanya bencana besar Tsunami yang menelan korban ratusan ribu jiwa di Aceh, Pemerintah Kota Probolinggo tidak menyelenggarakan acara Pemilihan Kang dan Yuk Kota Probolinggo 2005. Sehingga saat itu pun, di Kota Probolinggo terjadi sedikit kekisruhan dalam mengirim wakilnya ke ajang Pemilihan Duta

Wisata tingkat Jawa Timur (Raka-Raki Jawa Timur 2006). DISPOBAR Kota Probolinggo (yang saat itu masih bernama Kantor Pemuda, Olah Raga, Budaya dan Pariwisata Kota Probolinggo) dengan terpaksa harus menggunakan metode ”asal comot” bagi wakil Kota Probolinggo yang akan melenggang ke tingkat provinsi. Hal ini berarti pula masa jabatan Kang Dimas sebagai Kang Kota Probolinggo 2004 sekaligus Ketua Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo 2004/2005 harus diperpanjang setahun lagi untuk menunggu penggantinya.

Seiring dengan bergulirnya waktu, rupanya sebuah organisasi, atau yang dalam hal ini kami namakan PAGUYUBAN, itu harus melewati pula sebuah proses seleksi alam. Sebuah pembentukan yang alami. Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo 2004/2005 berhenti di tempat dan bubar jalan.

Di tahun 2006, setelah terpilih Duta Wisata yang baru, yaitu Kang Kota Probolinggo 2006, Kang Stebby Julionatan, Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo dibentuk kembali pada tanggal 21 September 2006. Stebby Julionatan, Kang Kota Probolinggo 2006, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Paguyuban. Kepemimpinan tersebut berjalan selama 2 tahun

Akhir Maret 2008, tepatnya tanggal 23 Maret 2008, akibat masalah tulisannya kreatifnya yang diunggah dalam blog Paguyuban Kang Yuk dipermasalahkan oleh salah satu media cetak ternama di Kota Probolinggo, Kang Stebby harus menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan dalam Paguyuban Kang dan Yuk kepada Kang Kota Probolinggo 2007, Kang Andromeda Sain. Di masa itu kegiatan Paguyuban Kota Probolinggo kembali mengendur bahkan relatif tanpa suara sama sekali meski Kang Andromeda terpilih sebagai Raka Favorit Jawa Timur 2008.

Tanggal 1 Januari 2009, Kang Andromeda dengan segera mengakhiri masa tugasnya sebagai ketua dalam paguyuban karena ia harus melanjutkan studinya ke luar negeri di MMC University, Malaysia. Terpilihlah Kang Dedy Agustian sebagai penerusnya meski yang dinobatkan sebagai Kang Kota Probolinggo 2008 saat itu adalah Kang Wendy Rachmadhany.

Di tahun 2010, dalam upaya untuk membangkitkan kembali geliat serta eksistensi Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo, juga dalam usahanya menyusun AD/ART Paguyuban agar organisasi ini dapat terdaftar sebagai organisasi yang resmi di Kesbanglinmas, maka pada tanggal 9 Mei 2010, Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo kembali menggelar rapat anggota dan memilih Kang Persahabatan 2008, Kang Jaka Mahendra sebagai Ketua Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo periode 2010 – 2015.

Sebenarnya, kalau kita mau menilik lebih ke belakang, ajang Pemilihan Duta Wisata Kang dan Yuk Kota Probolinggo sendiri sudah dilaksanakan sejak tahun 1997, namun pada saat itu, penyelenggaraannya bukan diadakan secara resmi oleh Pemerintah Kota Probolinggo, melainkan oleh Ibu-Ibu Tim Penggrak PKK Kota Probolinggo yang saat itu berada di bawah pimpinan Ibu H. Suprapto (Istri Bapak Walikota H. Suprapto yang memimpin Kota probolinggo dari tahun 1993-1998). Pada saat itu pun, penyelenggaraan atau ajang Pemilihan Kang Yuk sendiri bukan diadakan dalam rangka memperingati HUT Kota Probolinggo yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 4 September, melainkan dalam rangka memperingati Hari Ibu (22 Desember).

Setelah lama mati, karena ajang-ajang seperti itu dianggap kurang begitu penting, terutamanya bagi orang-orang yang duduk di pemerintahan dan birokrasi ketika itu, ajang Pemilihan Kang dan Yuk Kota Probolinggo sendiri baru diadakan kembali pada pemerintahan Bapak HM. Buchori, SH. M.Si. Beliaulah yang memiliki sebuah terobosan. Beliaulah yang memiliki pemikiran yang berbeda dari para pendahulunya. Sebuah PEMBAHARUAN. Beliau menganggap penting peran generasi muda dalam perkembangan dan peningkatan infrastuktur kota, khususnya di sektor pariwisata. Maka, sejak saat itu, sejak tahun 2004 lah, Pemilihan Duta Wisata Kang dan Yuk Kota Probolinggo dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya.

Program Kerja Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo 2010 – 2015.

Pariwisata memang tidak bisa lepas dari hal-hal lain yang mendukungnya. Begitu pun juga dengan Kang Yuk tak bisa lepas dari peran generasi muda Kota Probolinggo. Maka dari itu dalam menyusun dan melaksanakan program kerja, Program Kerja Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo 2010 – 2015 tidaklah jauh-jauh dari yang namanya misi kepemudaan, misi lingkungan dan tentu saja misi pariwisata yang semuanya terintegrasi untuk mendukung even-even yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Probolinggo.

  1. Program Jangka Pendek:
    1. Menyusun kepengurusan yang baru dan menggoalkan AD/ART Paguyuban sehingga Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo terdaftar secara resmi di Kesbanglinmas sebagai sebuah organisasi.
    2. Tercipta Kang Yuk Management (KYM) sebagai wadah pembinaan dan pengembangan bakat generasi muda.
    3. Membuat Paket Wisata SEMIPRO.
    4. Berperan serta dalam kunjungan Caretakers of the Environment International (CEI) pada tanggal 6-7 Juli 2010.
    5. Turut mensukseskan SEMIPRO dengan berpartisipasi di dalam PROTEX 2010 (26 Juni – 3 Juli 2010).
    6. Sosialisasi melalui account facebook dan penulisan artikel secara rutin (bekerja sama dengan Tabloid Suara Kota dan Majalah Link Go).
  1. Program Jangka Panjang:

Terciptanya City Branding Kota Probolinggo (bekerja sama dengan Bappeda, Humas dan Protokoler, Dispobpar, dan mahasiswa Desain Komunikasi Visual ITS.)

Profile Terbaru Pengurus Paguyuban Kang Dan Yuk Kota Probolinggo 2010 – 2015

Ketua Paguyuban.

Kang Jaka Mahendra, Kang Persahabatan 2008 ini adalah alumnus SMA Negeri 1 Kota Probolinggo tahun 2005 yang pernah mengikuti Program Pertukaran Pelajar AFS 2003 ke Jepang. Lahir dari pasangan Antony Effendy dan Sukowati pada tanggal 23 Mei 1987, pemilik wajah oriental ini akan kembali melanjutkan studinya di Minessota, Amerika Serikat dengan beasiswa penuh dari Fullbright Foundation untuk mengambil Program Management pada tanggal 27 Juli 2010.

Sekretaris dan HUMAS.

Aktif sebagai penulis lepas di berbagai surat kabar, tabloid dan majalah lokal, Kang Kota Probolinggo 2006 ini bernama lengkap Stebby Julionatan. Di tahun 2008, penerima penghargaan Penulis Muda Berbakat 2007 dari sebuah media online kolomkita.com atas karyanya yang berjudul: ”Ku Nanti Hujan di Pucuk Musim Kemarau” ini mendapat undangan untuk mengikuti Festival Penulis Nusantara II di Kediri, Jawa Timur. Selain menulis kegemarannya adalah traveling. Di HUMAS, Kang Stebby dibantu oleh Kang Ewin (Kang Suhartono Winoto, Finalis Kang Kota Probolinggo 2006).

Bendahara.

Gadis cantik pemilik nama lengkap Citra Eka Febri Indrawati ini adalah Yuk Favorit Kota Probolinggo 2008. Lahir di Probolinggo, tanggal 10 Februari, 19 tahun yang silam, adalah wakil Kota Probolinggo dalam ajang Pemilihan Duta Wisata Jawa Timur 2010. Selain menyukai kegiatan-kegiatan berkesenian seperti menyanyi, modeling dan menari,  Yuk Citra juga merupakan orang yang sangat aware terhadap masalah ketertiban berkendara di jalan raya. Hal ini dibuktikannya dengan meraih gelar sebagai Ratu Helm Tertib Lalu Lintas 2010.

Sie Sumber Daya Manusia.

Wakil II Yuk Kota Probolinggo 2008 ini adalah seorang yang penuh humor serta semangat. Yuk Agnes memang diciptakan dengan berbagai hal-hal aneh, konyol dan lucu yang tumbuh liar dalam kepalanya. Pemilik nama lengkap Agnes Lolita Wijaya ini sangat mahir di bidang komunikasi. Menjadi MC dan announcer radio adalah makanannya sehari-hari. Maka tak heran kalau dalam setiap lomba bercuap-cuap yang diikutinya, dia selalu menjadi juara. Yang terbaru, dia tampil sebagai Juara III dalam Lomba Cerdik Cermat Komunitatif se-Bakorwil Malang.

Sie Pemuda, Budaya dan Pariwisata

Kang Dedy Agustian adalah seorang wirausahawan muda di bidang makanan yang juga piawai berjalan di atas catwalk. Kepiawaiannya di bidang modeling telah mengantarnya menjadi Juara II dalam Lomba Fashion Week di Lumajang. Kang yang lahir dari Pasangan Yuriswantao dan Umbarwati, tanggal 11 Agustus 1988 di Surabaya ini adalah penyuka olah raga: terutama adalah basket dan renang. Di Sie Pemuda, Budaya dan Pariwisata, Kang Dedy dibantu oleh Kang Diky Hardi Cahya (Finalis Kang Kota Probolinggo 2004). (bonx)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: