kutemukan JAWABNYA (JPI dan BPAP 2009)


akhirnya purna sudah tugas mendampingi kawan-kawan BAKTI PEMUDA ANTAR PROPINSI (BPAP) 2009

terima kasih untuk kawan-kawan semua:
PinG2 kuabeh… untuk BONDAN AULIA yang nampak tua dibanding usia sebenarnya, ANA yang pencemas, ROSI yang seneng kerasukan, LULUK yang lemot, AYA yang ga jelas, HILAL yang “kutilang darat” dan si Judas Iskariot “AGUS”.
terima kasih untuk kawan-kawan JATIM, adik-adikku, juniorku di BPAP yang telah menharumkan kembali nama JATIM di propinsi kalian masing-masing.
untuk JakA, terima kasih hadiah kaos Baduy-nya.
untuk SOGI n friends yang telah menyisihkan uang sakunya dan memberi kami, kakak-kakak pendamping kalian, bingkisan berupa kaos dan gantungan kunci.
untuk adik-adik yang dikirim ke SUMBAR, aku tak henti-hentinya mengucap syukur ketika kalian pulang dalam keadaan selamat.

terkhusus, saya haturkan rasa terima kasih sekaligus permohonan maaf saya untuk kawan-kawan, adik-adik, junior-juniorku, rekan-rekan Bakti Pemuda yang berasal dari BANTEN, KALIMANTAN TENGAH dan SUMATRA BARAT. Selama kurang lebih 2 lingkar purnama kita telah meringkuk di bahtera yang sama… telah menegak getir air mata bersama, menghirup pekatnya keringat bersama dan menghisap sari pati arti kehidupan bersama. TERIMA KASIH… TERIMA KASIH…

Sayang foto-fotoku selama program JPI dan BPAP tahun ini hilang semua, tak terselamatkan, karena foto-foto yang telah kusimpan dan kupindahkan ke dalam flash disk harus hilang bersama flash disk-nya. Aku lupa menaruhnya. Seigatku sih terakhir kali ada di Bondan waktu buat Daftar Riwayat Hidup dan makalah untuk program Bela Negara.😦 Padahal pengennya sih langsung dipamerin foto-fotonya itu lewat FS ato FB. Tapi ya… apa daya.
(sebenarnya foto itu, kalao aku mau minta, dan mudah-mudahan masih, masih ada di laptop Anes, anak SUMBAR)

Foto-foto waktu di bandara FATMAWATI, foto-foto pas kegiatan JPI, foto di Pantai Panjang, di Teluk Paderi, di rumah Bung Karno, foto pas manyun ma Rosi n Ana di pinggir jalan soale nunggu jemputan yang ga dateng-dateng, di Monument dr. Soetomo yang notabene tanggal lahirnya sama denganku (30 Juli), di pura, dan di sawah-sawah desa Ngepeh… OMG, I’ve lost it!!!!

sebel… sebel… sebel…
[[[ bikin ga sreg aja karena ceritanya ke kalian semua cuma pake tulisan aja tanpa gambar-gambar seru aku dan kawan-kawanku selama kegiatan😦 ]]]

Well… anyway, by the way, bus way… banyak hal-hal baru yang aku alami ketika di BPAP. Hal-hal baru yang semula adalah hal-hal biasa namun menjadi luar biasa ketika BPAP.

1. pertama, naik KERETA KELINCI

2. kunjungan ke LUMPUR LAPINDO
(seumur-umur, sejak Lumpur Lapindo menjadi bencana nasional yang menghambat jalur transportasi Probolinggo-Surabaya, aku jadinya BeTe aja setiap lewat kawasan Porong. Nah, sama anak-anak BPAP aku kok jadi njiat untuk liburan kesana dan berfoto bersama-sama)

3. aku jadi suka sama wayang, utamanya KRISNA gara-gara aku dikasih Tri, anak JATENG, gantungan kunci yang bergambar Krisna (sekarang aja sampe aku browsing segala mengenai siapa sih KRISNA itu)
nih jawabannya:
Kresna (Politikus) Ketika muda, Kresna bernama Narayana. Ia kemudian menjadi raja di Dwarawati. Meskipun secara fisik pria ini berkulit hitam, berdarah hitam dan berdaging hitam, tetapi Kresna tidak ‘hitam’ ulahnya. Kresna adalah lambang pria yang ramah, mudah bergaul, supel, banyak kawan, dan suka bercanda (humor). Ketika memberi fatwa, ia menggunakan berbagai sindiran yang begitu lembut, sehingga yang dinasihati tidak merasa sakit hati. Kresna banyak didatangi sahabat tua-muda dan pria-wanita, untuk sharing atau konsultasi. Umumnya, sepulang dari konsultasi dari Dwarawati, para ‘relasi’ Kresna pulang dengan menggenggam semangat. Kresna memang terkenal sangat strategis dalam menghadapi keluhan para ‘klien’-nya. Kresna memiliki karier yang sulit ditandingi, terlebih di bidang politik. Di mata sesamanya, Kresna memiliki wibawa yang sangat tinggi dan pengaruh yang luar biasa. Dedikasi dan loyalitasnya sangat oke, karena itulah semua anak buah Kresna patuh kepadanya. Dalam rumah tangga, Kresna tidak mengecewakan. Walaupun beristeri tiga orang, Kresna sangat adil. Nasihat yang terkenal dari Kresna kepada para isterinya ialah, agar mereka mengedepankan rasa kemanusiaan dan mengesampingkan busana glamour.

untuk lebih lengkapnya silahkan baca tulisan mengenai TOKOH PEWAYANGAN AJARKAN KARAKTERISTIK WATAK PRIA di ( sumber: Kedaulatan Rakyat, 26/05/2008 dan http://www.untukku.com/artikel-untukku/tokoh-pewayangan-ajarkan-karakteristik-watak-pria-untukku.html )

Wah, kayaknya memang bener-bener cocok sama aku. Hitam, cerdas, mudah bergaul, selalu beruntung, dicintai banyak orang karena selalu bersedia menjadi “tempat sampah” bagi kawan-kawannya. Hehehehe…. NARSISSS!!

4. pengalaman SUPRANATURAL with ROSITA
Malah yang ini aku sempat foto bareng hantu segala di Air Terjun Sedudo. Sampai-sampai orang dari Disparta Kab. Nganjuk mendatangiku dan meminta ijin penggunaan foto hantu tersebut.

5. jembatan SURAMADU
akakakakakakakak…. aku wes mrawani jembatan Suramadu yang dibuka tanggal 10 Juni.

6. Nganjuk “Bumi Waranggono”
Jadi kalo selama ini, Angga ngata-ngatain aku “Waronggo”, “Dheloken iki, Lek, Aku saiki wes menguasai 12 tembang lan 12 tari, wes dibabtis nang Sedudo. Tenan iki. Aku ga’ mbujuk.”

7. Dr. Soetomo
Ternyata ada pahlawan Nasional yang dilahirkan di dusun Ngepeh ya?!!! (ssssstttt…. jangan ketawa.)

Dan di atas itu semua, selama BPAP juga aku menemukan jawaban. Jawaban tentang pertanyaanku tahun lalu. Ketika aku dikirim ke NTT dan bertanya kepada Tuhan “mengapa aku dikirim di tempat ini? dikirim ke Atambua?”

Ternyata jawabnya simple semata, Atambua adalah proses penggodokan mental. Di mana di tempat itu aku belajar untuk sabar dan bisa menerima keadaan. Di kelanjutan hari, khususnya di proses pendampingan selama di Nganjuk, mental baja seperti itu amat sangat diperlukan dalam mendampingi kawan-kawan yang berbeda karakter.

Akhirnya, aku sampai pada sebuah kesimpulan…
MENJADI PESERTA ADALAH BELAJAR BAGAIMANA BERPIKIR KRITIS, SEDANG MENJADI PENDAMPING ADALAH BELAJAR BAGAIMANA BERPIKIR DIPLOMATIS.

…… salamat jalan kawan
jangan bersedih
sapu tangan bukanlah tanda berakhirnya cinta kasih kita
kita HARUS bertemu lagi
aku harus ke Padang… aku harus ke Palangka… aku harus ke Tangerang.

17 Responses to “kutemukan JAWABNYA (JPI dan BPAP 2009)”

  1. oscar_bobo Says:

    inti BPAP adalah persaudaraan. itulah yang q dapat selama BPAp di jawa timur, tanpa mengesampingkan yang selama ini telah kudapat kan. rasa cinta dan kasih sayang yang tulus dari sodaraku banten, kalteng, n jatim. kalian memri telalu banyak buatku, semntra aku tak bisa memberi kalian apa-apa. kalian harus menungguku disana. karena aku telah bermimpi. aq akan memulai semua dengan bermimpi. hening bondan arif aulia mengajarkanku untuk itu. aq akan kembali ke jawa timu. i love u nganjuk. I LOVE U ALL. KEEPOUR BROTHERHOOD

  2. Senangnya cerita masalah bpap,.
    Oya,uda ada group bpap blum yah di fb?
    Bikin dunk.,
    Ivite aq yah..
    Bpap 2009
    Kalbar,riau,ntt,sultra,maluku..
    Aq di riau kmaren..
    Dan bengkulu yg tak terlupakan..

  3. malam bang

    pa cabar?
    wah blue senang abang sudash mulai ol lagi
    salam hangat selalu

  4. jalang…
    lo buat sejarah peserta bpap dsana trus lu ceritakan setiap orang peserta bpap…
    biar ada kenangan d stiap orang…
    key

    • JALANG….
      gw suka panggilan itu. akakakakakakak.

      oia, ini yang hampir terlupa:
      terima kasih yang tak terhingga untuk GenK BoToL yang telah menjadi bagian hidupku.
      mengarungi kepenatan dan penderitaan BPAP bersama
      mendukungku ketika aku goyah dan tak tau arah

      khusus yang tidak tau apa itu GenK BoToL, inilah singkat ceritanya:
      Dibentuk di Air Terjun Roro Kuning untung menyaingi Genk Galon yang dibentuk oleh 11M, Rico dan Dewi. Anggotanya: Kang Mursit pake T sebagai Dewan Pertimbangan Agung, Stebby a.k.a BonX sebagai Penasehat, Gery ketuanya, lalu berturut turut ada Malik, Anes, Ridho, Adon, Yadi, dll… dll… yang susah sekali diingat namanya. Maaf ya.

      Jadi bukan seperti kata Bobo bahwa Genk Botol itu Genk Kon**L…
      Gila kale kalo kita ngasih nama genk ato perkumpulan kita dengan nama-nama yang nyangkut begituan.
      Mending seperti ungkapan Indah “GenK BoToL itu genknya orang bodoh dan tolol.”

      Memang kami bodoh. Memang kami tolol. Tapi kami suka mbanyol. Maka tak seru jadinya kalo BPAP Nganjuk 2009 berlangsung tanpa kehadiran kami. Hohohohohoho.

  5. safar kendari Says:

    hiii””salam knal yahh aq jg pserta 2009 asal kndari daerah 7-an maluku…

  6. kegiatan BPAP telah banyak memberikan ku pelajaran, baik bagaimana menghargai orang lain, mendengarkan nasehat orang lain pokoknya byk banget yang gw dapet dari kegiatan ini…
    thanks banget but seluruh pendamping yang telah setia mendampingi kami selama kegiatan, trima kasih telah menjadi saudara2 ku, dr banten, kalteng…kalian semua adalah saudara2 ku…

    THANKS FOR ALL

  7. budhe_na Says:

    bebby… mis U

    • oalah, yuk na… yuk na…
      iso on line toh?

      tak pikir nang ndesomu kuwi gak ono fasilitas internete. akakakakakakak.
      well, gimana? puas toh awakmu tak pameri kaos levis straus 501-ku yang 6 warna. akakakakakakakakak

      mengko aku muncul2 iso koyok pelangi. mejikuhibiniu

      • budhe_na Says:

        eh, keren koen bebb..
        sok-sok kenal KPU..
        wis,tak enteni kapan lek mu pamer maneh, jo’ khawatir tak layani..
        eh, gw punya panggilan sayang baru bwt lu bebb, Mr Pamer..
        hweehee..

        Numpang nitip salam to Gerry, Oscar, Putri Ma Anesia..

        To Ilham, sampaikan salam to Mia, BPAP ke Sultra

        Beebbb, bangun pagi yA besok,,
        tak tunggu ndek monumen!!!

  8. @ budhe_na

    numpang2 kirim salam, koen pikir iki acara request lagu2 nang radio??!!! gak iso!!! lek koen sek katek mekso, mbayar na…

  9. salam nganjuk…………………………….
    kok nama aq jarang di sebutin sich /////////////
    mungkin aq orang yang pendiam kaleyyyyyyyyyyy .tapi sebelumnya ma’af teman-teman dari sumbar kalteng-banten-jatim & kakak pendamping yang baek hati sehingga aq bisa pacaran dengan pendamping hahhhhhhhhhhhhhhhhhaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhaaaaaaaaaaaa.

    ma’afkan aq teman-teman,mungkin selama di ngajuk aq banyak salah,,,,ma’af kan aq…………….
    yang meninggalkan dirimu…………..
    suatu saat aq akan balik ke jatim do’ain nya

    by by by I LOVE NGANJUK

  10. imel hatta silaen Says:

    aku pngen ikut BPAP

    • silahkan imel. kamu juga bisa ikutan BPAP. ada seleksinya tiap tahun di Dinas Pemuda dan Olah Raga masing-masing propinsi. dan tentunya…. selamat bergabung bersama kami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: