Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo


Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo dibentuk pada tanggal 21 September 2006. (Sehari setelah terpilihnya Stebby Julionatan dan Erina Andriani sebagai Kang dan Yuk Kota Probolinggo 2006 –saat itu Malam Grand Final Pemilihan Duta Wisata, Kang dan Yuk Kota Probolinggo 2006, dilangsungkan pada tanggal 20 September 2006–, atau 17 hari setelah HUT Kota Probolinggo ke 647). Stebby Julionatan, Kang Kota Probolinggo 2006, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Paguyuban. Rizky Raditya Nugraha diangkat sebagai Wakil Ketua, Maharanie Subandriya sebagai Sekretaris, dan Erina Andriani sebagai Bendahara. Ditambah satu orang lagi untuk melengkapi formasi mereka berlima, Hergha Basretpiviarico sebagai Humas.

Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo ini bukan yang pertama kali dibentuk. Sebelumnya, di tahun 2004, sudah pernah ada. Dengan Dimas Sugeng Widodo, Kang Kota Probolinggo 2004 sebagai ketua. Namun paguyuban itu tidak bertahan lama. Ia berhenti di tempat, lalu bubar jalan.

Selama dua tahun ini (2006–2008), Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo mencapai masa puncaknya ketika dipegang oleh Stebby dan rekan-rekannya. Mereka terlihat sangat kompak. Stebby yang pemikir, Risky yang mempunyai kecepatan bertindak, Ranie yang teguh sama prinsip-prinsip dan pendiriannya, Andrien yang cantik dan pandai menarik simpati banyak pihak dan Hergha yang flexibel, membuat tim mereka solid dan tak tergantikan.

Sekarang, Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo diketuai oleh Andromeda Sain, Kang Kota Probolinggo 2007. Dan Galang Mandiri sebagai Wakil Ketua.

Pemilihan Duta Wisata Kang dan Yuk Kota Probolinggo

Pemilihan Duta Wisata, Kang dan Yuk Kota Probolinggo, sebenarnya bukan diawali pada tahun 2004 melainkan pada tahun 1997. Namun pada saat itu pelaksanaannya bukan diadakan untuk memperingati hari jadi Kota Probolinggo, tapi Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember. Yang melaksanakannya pun bukan atas nama Pemerintah Kota Probolinggo, tetapi Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo. Saat itu masih Pak Suprapto yang menjadi Walikota.

Setelah lama mati, karena ajang-ajang seperti itu dianggap tak penting dan tak berguna bagi orang-orang eksekutif, Pemilihan Kang dan Yuk Kota Probolinggo baru diadakan lagi pada pemerintahan Bapak HM. Buchori, SH. M.Si. Beliau memiliki pemikiran yang berbeda dari para pendahulunya. Sebuah terobosan. Beliau menganggap pentingnya peran generasi muda dalam perkembangan dan peningkatan infrastuktur kota, khususnya di sektor pariwisata. Maka, sejak saat itu, sejak tahun 2004 lah, Pemilihan Duta Wisata Kang dan Yuk Kota Probolinggo dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya.

Untuk tahun 2005, pemilihan tesebut sengaja tidak dilaksanakan karena turut bersimpati atas banyaknya bencana alam yang terjadi di sepanjang tahun, utamanya bencana besar tsunami yang terjadi di Aceh pada akhir tahun 2004.

Advertisements

10 Responses to “Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo”

  1. aku boleh minta kamu cerita selengkapnya tentang paguyuban tersebut, aku yakin akan ada keistimewaan yg akanku dapati,mauka, bang?
    oya,aku juga minta maaf telah berburuk sangka pada abang. maafkan denan keikhlasan ya, bang?
    selamat malam dan salam hangat untuk jiwajiwa yg menyayangi abang dan keluarga.

  2. @ dobleh

    boleh aja. tapi kali ini ga gratis, ya bang. hehehehe…
    bisa kasih gambaran, cerita selengkapnya yang abang inginkan?

  3. thank banget2 bos.abang memang sahabat yg baik. aku jadi tahu banyak lagi tentang sesuatu yg memang harus ku ketahui. trimz. salam hangat selalu

  4. kang, gabung di group FB pagutuban kang & yuk kota probolinggo…

  5. bang
    ayo dong semangat ngeblog lagi
    blue annti [postingan dari abang
    salam hangat selalu

  6. Pemilihan tahun 2009 juga tidak dilaksanakan. Menurut berita, runner up yang akan maju ke ajang Raka-Raki. So… congratzz buat Agnez dan Reiza. Kalo abang tanya siapa ketua PKY sekarang, tahun 2009 ini ketuanya Kang Dedi.

  7. cerita yang jaman sekarang gimana kang?

  8. semangatnya mana mas
    ayo..
    salam hangat selalu

  9. untuk yang mau tanya tentang bagaimana perkembangan Paguyuban Kang dan Yuk Kota Probolinggo saat ini, silahkan klik di: https://bonx.wordpress.com/2010/06/01/sekilas-tentang-paguyuban-kang-dan-yuk-kota-probolinggo/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: