MLM dan Fungsi Integral


Pada pertemuan, mmm… enaknya dinamai Malam Keakraban untuk anak-anak Gilang T&T, di akhir acara makan-makan, Mz. Firman memintaku mengumpulkan anak-anak di ruang serba guna. Ada acara motivasi, kata Mz. Firman. Motivatornya dari Mojokerto. Kontan, semua anak-anak Gilang T&T, termasuk Bu Mien sendiri, tertarik dan mehayati ritual sakral perkenalan itu.

Setelah salam pembuka yang panjang itu, tak dinanya, pembicaraan itu kok ngarahnya ke bisnis MLM. Mz. Fauzi, sebagai orang yang menjelaskan, ga mau kalo bisnis yang dia bicarakan tersebut (DutaNet, red.) adalah MLM. Dia bilangnya BRP. Well, perasaan yo podho wae, BRP lah, MLM lah, kan sama aja nyari cabang di bawah. Dan yang diuntungkan adalah orang yang ada di atasnya

MLM sama seperti rumus fungsi integral yang pernah kita pelajari di SMA. Bernilai kuadrat, perkalian bahkan menambah kalau ke atas dan bernilai akar dan pembagian kalau ke bawah. Tapi itulah dunia, paling ga enak jadi orang yang di bawah. Kerjaannya kok jadi korban dan diinjak-injak melulu. Uuuppss… sorry!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: