Kapal Cepat MV. Surya Gemilang Jaya


Hari ini aku mewakili Ibu (Ibu Miendwiati, Direktur PT. Gilang Tour and Travel) untuk mewakili rapat yang menyangkut soal Pengkoordinasian Kapal Cepat MV. Surya Gemilang Jaya di kantor Dinas Perhubungan Kota Probolinggo. Inti permasalahannya, pihak pemilik kapal sudah angkat tangan masalah pengoperasian kapal ini dan, untuk saat ini, yang mereka harapkan dari Pemerintah Kota Probolinggo adalah masalah subsidi BBM untuk Kapal Surya Gemilang.

Pemerintah Kota sendiri cq. Dinas Perhubungan mengajak staff Pelabuhan; Kantor Pemuda, Budaya dan Pariwisata; Dinas Pendidikan dan Pelaku Pariwisata untuk bersama-sama memikirkan masalah ini. Rencana pemilik kapal, tanggal 15 bulan ini, kalau operasional kapal masih tetap-tetap saja sepi seperti itu, maka kapal Surya Gemilang akan ditarik kembali ke Batam.

Sekedar informasi, Kapal Cepat Surya Gemilang mulai beroperasi sejak tanggal 17 Januari 2008. Kapal tersebut berkapasitas 176 orang dan 15 unit sepeda motor. Untuk menempuh Pelabuhan Brata, Pamekasan, diperlukan waktu ± 2 jam. Dengan harga tiket senilai Rp. 165.000,- pada awal pengoperasiannya, yang saat ini sudah diturunkan sampai senilai Rp. 65.000,- (Cukup murah bukan?!). Tiketnya bisa langsung didapatkan di kantor PT Barelang Surya Gemilang: Jl. Ikan Paus Ruko No. 01, Depan Polsek Mayangan (Pintu Masuk Pelabuhan) Probolinggo 67218. HP: 0888 575 7644 (Merry)

Terus terang, kalau dari sisiku sebagai pelaku pariwisata, aku sangat menyambut baik akan hadirnya Kapal Cepat Surya Gemilang yang menghubungkan Probolinggo (Pelabuhan Tanjung Tembaga) dengan Pamekasan (Pelabuhan Brata) secara langsung. Jadi orang-orang di wilayah timur kota Probolinggo seperti Paiton, Besuki, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Jember dan Banyuwangi bisa langsung menyebrang ke Madura tanpa harus lewat Surabaya. Mereka juga bisa mempersingkat waktu perjalanan dengan langsung sampai di Pamekasan tanpa perlu khawatir terkena dampak kemacetan yang ditimbulkan oleh Lumpur Lapindo, Sidoarjo. Tetapi, kalau situasi dan konsisi kapal yang mangkrak seperti ini, ya mau gimana lagi? Dari pihak travel, aku hanya dapat berupaya untuk menjual kemasan atau paket-paket perjalanan wisata yang ada di Madura seperti Kerapan Sapi, Api Abadi di Pamekasan, Petis Madura, Batik dan Ramuan Maduranya yang melegenda itu. Dengan harapan, nantinya, calon-calon konsumenku akan aku arahkan untuk berangkat ke Madura melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga dengan menggunakan Kapal Cepat Surya Gemilang.

Harapanku, pemilik kapal tidak menyerah. Semoga tanggal 15 April bukanlah batas akhir sebuah keputusan. Aku merasa kapal ini adalah option yang bagus dalam berinvestasi. Hanya saja, mungkin perlu kita ketahui bersama, bisnis tidak hanya sekedar praktek menjual dan membeli. Ada banyak faktor di dalamnya termasuk marketing, branding image dan perananan pemerintah, seperti saat ini. Memang, kadang kita sebagai pelaku industri, merasakan ketidakpuasan terhadap peran pemerintah yang senantiasa kita nilai lamban dalam mengambil keputusan karena sistem birokrasinya yang berbelit-belit itu, tetapi setidaknya kita dapat memandangnya dari perspektif yang lain, bahwa dengan pertemuan ini, mereka masih mau turun tangan untuk memperhatikan keadaan para pelaku industri seperti kita.

Well, semoga ada kelanjutan kebijakan dari pertemuan ini. Amin.

Advertisements

4 Responses to “Kapal Cepat MV. Surya Gemilang Jaya”

  1. kapal suryagemilang jaya yg ada di batam apakah sama dengan yg ada di tjg tembaga

  2. Cuba kapal laju buat pelayaran ke Pulau Msalebu, kerana kapal sekarang kapal perintis, yang hanya untuk membawa kabing dan ikan kering. tapi malang Nya orang kampung sama disitu, pemerintah tudak ambil perdu hal keperluan masyarakat, apalgi pembangunan ingsan/kemajuan kang.

    Tapi semimang Nya pemimpin jatim hanya perduli kariawan pemerintah, seolah-olah rakyat yang bukan kariawan di anggab binatang, jika pemimpin ambil tahu perduli hal rakyat niscayau tidak terjadi seper apa yang di katakan tadi tidak terjadi.

    Sebenar Nya gubernur Jatim dari dulu lagi gagal jidi pimpinan Masyarakat. apa lagi membangunkan Negari. memimpimpim kariawan punnnn tidak becus.

    kalau ingin tahu lebih lanjut buka (websitea) saya..

  3. kalu ingintahu buka website dan facebook saya.

  4. Ada gak kapal surya gemilang melayani rute batam palembang untuk lebaran tahun ini……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: