S.Pd. (SARJANA PENUH DERITA)


Sedih juga sih, karena hari ini aku melihat angkatanku di wisuda dan kaku harus menunggu tahun depan… Well, tapi kalo dirunut ke belakang… aku masih bisa punya kebanggaan, soalnya tidak setiap mereka bisa punya kesempatan seperti yang aku miliki…. Aku bisa mendapat kehormatan untuk mewakili Probolinggo ataupun juga Jawa Timur dalam event-even daerah maupun nasional. Mmmm… kembali ke kasus wisudaan tadi. Salah seorang kawan saya beri ucapan selamat via SMS yang isinya: “Selamat ya, Yuni Nurariyani, S.Pd.” N secara tak disangka n dinaya… balasan Yuni seperti ini: “Iya neh… dah jadi Sarjana Penuh Derita. BTW,, makasih ya. Teb, qmu tadi kemana aja… gw kangen neh… aku pengen foto2 ma kamu, tapi kamunya dicariin ga ada.” Well, memang aku ga bisa datang di acara wisuda tersebut karena alasan klasik… lagi ga ada duit. Untuk penelitian skripsi ini, aku bener-bener butuh banyak biaya yang minta ampun… ga nanggung-nanggung. Maka aku ajukan permintaan maafku pada Yuni… karena aku ga bisa datang.

Tapi masalahnya bukan terletak di situ… masalahnya bukan terletak di karena aku ga bisa datang,, tapi di SARJANA PENUH DERITA tadi… Mmm… emang bener kata Yuni. Selama kita kuliah, or pas lagi genting-gentingnya ngerjakan skripsi kaya aku ini, paling goal kita adalah supaya cepet lulus n diwisuda… tapi pas kita udah wisuda… di sanalah sudah tergambar dunia yang penuh kesuraman… dunia yang penuh ketidakjelasan… dunia yang chaos. Kita harus fight lagi sama kejamnya dunia untuk mencari pekerjaan. Sebab, kita semua tahu bahwa dunia pendidikan kita selama ini hanya menghasilkan orang-orang yang mencari kerja… dan bukannya orang-orang yang mampu menciptakan lapangan kerja.

Ya… akhirnya,, saya hanya bisa berharap… saya hanya bisa berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa, Tuhan yang Maha Agung, dan Tuhan yang Maha Bisa Memberikan Pekerjaan kepada saya… semoga kami (saya dan kawan2 saya yang baru selesai di wisuda tadi siang) mendapatkan pekerjaan yang layak dan bergaji besar. Amien….

Leave a Reply

