PESAN DAN HARAPAN PRESIDEN RI DI HUT PGRI KE-40


Selasa kemarin (29/11), bertempat di Aloon-Aloon Kota Probolinggo, sekitar pukul 08.30 pagi, tengah berlangsung upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Korpri Ke-40 dan HUT PGRI ke-66 serta Hari Guru Nasional ke-18 Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2011.

Dengan tema, “Dengan Semangat HUT ke-40 KORPRI Kita Tingkatkan Pembinaan Jiwa Korps Pegawai Republik Indonesia Dalam Ke-bhineka-an Guna Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan NKRI”, upacara yang dipimpin oleh dr. Nurul Hasanah Hidayati dari Puskesmas Jati ini diikuti oleh segenap anggota PNS, PGRI dan Dharma Wanita di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Wawali Bandyk Soetrisno. Upacara ini juga dihadiri oleh anggota FKPD, para kepala SKPD, Camat dan Lurah serta Kepala Sekolah se-Kota Probolinggo.

Yang unik, dalam pelaksanaan upacara peringatan HUT Korpri kali ini adalah pembacaan tanpa teks Pembukaan UUD 1945, Panca Prasetya Korpri dan Ikrar Guru Indonesia dari para pemenang dalam kegiatan lomba-lomba yang dilaksanakan dalam rangka HUT Korpri tahun ini. Dimana, pembaca teks Pembukaan UUD 45 adalah Rindra Hermawan, peraih Juara I Pengucap Pembukaan UUD 1945 dari Dinas PU; Panca Prasetya Korpri dibacakan oleh Ulik Fatma, Juara I Pengucap Panca Prasetya Korpri dari PDAM; sedang Ikrar Guru Indonesia dibacakan oleh Maria Rinawati, anggota PGRI, guru SDN Sukabumi 6 Kota Probolinggo.

Wawali yang pagi itu membacakan sambutan Presiden RI selaku Penasehat Nasional Korpri, mengucapkan selamat dan menyampaikan ucapan terima kasih serta penghargaan yang tulus kepada segenap anggota Korpri

“Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, saya ucapkan selamat memperingati hari jadinya yang ke-40 kepada keluarga besar Korpri, baik yang bertugas di seluruh tanah air maupun di mancanegara,” ujar Wawali Bandyk Soetrisno, yang juga menjabat sebagai anggota Dewan Penasehat Korpri Kota Probolinggo, saat membacakan naskah sambutan Presiden.

“Saja juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada segenap anggota Korpri di mana saja Saudara bertugas dan berada. Sebagai aparatur pemerintahan Saudara-saudara telah dan akan terus melaksanakan tugas kedinasan sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah yang lebih profesional,kompeten dan berintegritas tinggi.” Lanjut Wawali Bandyk Soetrisno.

Dalam sambutannya, Wawali pun membacakan pesan dan harapan Presiden SBY kepada seluruh anggota KORPRI dimanapun mereka bertugas, di antaranya: Mensukseskan agenda percepatan pembangunan; Menyikapi secara responsif dan konstruktif  kritik dari masyarakat; Mewujudkan tata pemerintahan yang baik dengan cara membangun budaya birokrasi yang kredibel dan akuntabel; Melaksanakan tugas pengabdian dengan penuh tanggung jawab; Bertindak profesional dan proporsional dalam menyikapi pemilihan kepala daerah 2012 mendatang; serta Mengamalkan doktri Korpri “Bhineka Karya Abdi Negara”.

Di akhir pelaksanaan upacara juga dilaksanakan pemberian hadiah bagi para juara lomba dalam rangka HUT Korpri ke-40 Tahun 2011. Dimana, Lomba Ketatalaksanaan Dinas diraih oleh Umi Salma (Kecmatan Kedopok), Selvi Widiaratmi (Bagian Hukum) dan Sukohadi (Bapeda); Lomba Pembawa Acara / MC diraih oleh M. Arif Billah (Bakesbangpol dan Linmas), Awien Cholida (Kecamatan Kedopok) dan Endrik Sonea D (Bagian Humas dan Protokol).

Para pemenang Lomba Pidato Bahasa Inggris adalah Saiful B (Kementrian Agama), Ekki Puspita (Bagian Humas dan Protokol) dan Metti Dwi (RSUD dr. Moh. Saleh). Lomba Kebersihan dan Keindahan Ruangan Kerja diraih oleh BKD, Satpol PP dan UPT PSL pada BLH.

Lomba Pengucap Pembukaan UUD 1945 diraih oleh Rindra H (Dinas Pekerjaan Umum), Samaun (Bakesbangpol dan Linmas) dan A. Rozi (Kementrian Agama); sedang Lomba Pengucap Panca Prasetya Korpri dimenangkan oleh Ulik Fatma (PDAM), Kurnia R. (Kementrian Agama) dan Aditya (Bagian Hukum).

Atas prestasi lomba tersebut, maka Juara I berhak meraih hadiah berupa uang pembinaan, masing-masing sebesar Rp 500.000, Juara II sebesar Rp 400.000, dan Juara III sebesar Rp 350.000.

Selesai upacara di Aloon-Aloon, juga dilaksanakan upacara tabur bunga di Taman Makam “Karya Bakti” Kota Probolinggo yang dipimpin langsung oleh Sekdakot Johny Haryanto. (tby)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 4,313 other followers

%d bloggers like this: